The Gate For Better Future..Ayo Gabung!
Jalan Pajagalan 67 Bandung.......PPDB dibawah ya !

Ekstrakurikuler

SELAMAT DATANG DI WEB RESMI SMK PROFITA BANDUNG

Ekskul Karate (BKC) SMK Profita

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

         Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan yang berada diluar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah dan bertujuan untuk pengembangan hobi, minat, dan bakat siswa pada hal tertentu. Di sisi lain pelaksanaan kegiatan ini merupakan satu bentuk perhatian sekolah pada siswanya agar mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan serta wawasan dan juga membantu di dalam membentuk karakter peserta didik itu sesuai dengan minat serta bakat tiap-tiap individu.

        Jenis kegiatan ekstrakurikuler sangat beragam, baik itu seputar olahraga, kesenian, keterampilan, maupun pengetahuan. Salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler yang banyak diminati oleh siswa adalah ektrakurikuler dalaml bidang seni bela diri, yaitu ekstrakurikuler karate. Ekstrakurikuler karate dijadikan wahana untuk menyalurkan bakat dan minat yang akan menjadi sangat baik jika siswa menggeluti dunia karate.

B. Maksud dan Tujuan

        Berkaitan dengan hal tersebut kami daari pengurus ektrakuriler karate bermaksud untuk menetapkan sasaran serta langkah-langkah dalam mewujudkan kegiatan bidang olahraga bela diri karate sebagai wadah penyaluran bakat, hobi dan keterampilan dalam bidang olahraga bela diri karate serta melatih mentalitas serta kedisiplinan diri.
Program kegiatan ini bertujuan untuk:
a. Menjadi ekstrakurikuler karate sebagai wadah penyaluran bakat, minat, hobi, dalam bidang seni bela diri karate.
b. Menumbuhkan dan mengembangkan jiwa ksatria.
c. Menciptakan rasa persaudaraan, persahabatan, dan kerjasama.
d. Mengembangkan dan  melestarikan berbagai seni bela diri yang ada di Indonesia.

C. Sejarah Karate
      Karate adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang. Seni bela diri ini sedikit dipengaruhi oleh Seni bela diri China kenpo. Karate dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa dan mulai berkembang di Ryukyu Islands. Seni bela diri ini pertama kali disebut "Tote" yang berarti seperti "Tangan China". Ketika karate masuk ke Jepang, nasionalisme Jepang pada saat itu sedang tinggi-tingginya, sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah kanji Okinawa (Tote: Tangan China) dalam kanji Jepang menjadi 'karate' (Tangan Kosong) agar lebih mudah diterima oleh masyarakat Jepang. Karate terdiri dari atas dua kanji. Yang pertama adalah 'Kara' dan berarti 'kosong'. Dan yang kedua, 'te' berarti 'tangan'. Yang dua kanji bersama artinya "tangan kosong" (pinyin: kongshou).
Menurut Zen-Nippon Karatedo Renmei/Japan Karatedo Federation (JKF) dan World Karatedo Federation (WKF), yang dianggap sebagai gaya karate yang utama yaitu:
1. Shotokan
2. Goju-Ryu
3. Shito-Ryu
4. Wado-Ryu
 Keempat aliran tersebut diakui sebagai gaya Karate yang utama karena turut serta dalam pembentukan JKF dan WKF.

       Di negara Jepang, organisasi yang mewadahi olahraga Karate seluruh Jepang adalah JKF. Adapun organisasi yang mewadahi Karate seluruh dunia adalah WKF (dulu dikenal dengan nama WUKO - World Union of Karatedo Organizations). Ada pula ITKF (International Traditional Karate Federation) yang mewadahi karate tradisional. Adapun fungsi dari JKF dan WKF adalah terutama untuk meneguhkan Karate yang bersifat "tanpa kontak langsung", berbeda dengan aliran Kyoukushin atau Daidojuku yang "kontak langsung".

Latihan dasar karate terbagi tiga seperti berikut:
1. Kihon, yaitu teknik dasar karate.
2. Kata, yaitu latihan jurus atau bunga karate.
3. Kumite, yaitu latihan tanding atau sparring.

          Pada zaman sekarang karate juga dapat dibagi menjadi aliran tradisional dan aliran olahraga. Aliran tradisional lebih menekankan aspek bela diri dan teknik tempur sementara aliran olahraga lebih menumpukan teknik-teknik untuk pertandingan olahraga.

Sejarah Bandung Karate Club (BKC)

Makna Organisasi atau Perguruan
       BKC merupakan singkatan dari Bandung Karate Club serta Bina Ksatrya Cita. Didirikan di Kota Bandung tanggal 16 Juni 1966 oleh Kang Iwa Rahadian Arsanata, yang mana perintisannya dimulai tahun 1963 dengan nama Bandung Karate School for Self Defense. Bandung Karate Club merupakan organisasi Perguruan Bela Diri Karate tertua di Provinsi Jawa Barat. Makna dari seluruh ajarannya disebut "PRAJA KSATRYA DHARMA".

Induk Perguruan
       Sejak tahun 1963 BKC telah terdaftar sebagai anggota aktif pada Induk Organisasi Karate di Indonesia yakni PORKI (Persatuan Olahraga Karatedo Indonesia), kemudian pada bulan Oktober 1972 di Jakarta dalam kegiatan Kongres PORKI I menghasilkan perubahan nama organisasi Induk Karate Indonesia menjadi Federasi Olah Raga Karatedo Indonesia (FORKI) dan sampai saat ini Perguruan BKC termasuk 5 besar Perguruan Karate yang berhasil menjaga aktifitasnya dengan baik dan berkesinambungan.


Profil Ekskul Karate Club (BKC)

A. Profil
Nama Ekstrakurikuler: Bandung Karate Club (BKC)
Waktu: Rabu (15.00-17.00), Sabtu (08.00-10.00)
Tahun ajaran: 2023/2024
Tempat: Lapangan SMK Profita Bandung

B. Struktur Organisasi
Kepala Sekolah: Dede Hasanudin S,Pd.M.M.Pd
Pembina: A Rahmat Nirwana, S. Pd.
Pelatih: Nurkholis dan IV Nasional
Ketua: Khaka Reza
Absensi: Leidya Pasha Endini
Bendahara: Dita Ramadani
Wakil Bendahara: Novia Nur'Azmi

C. Visi dan Misi
Visi
1. Membentuk perilaku setiap anggota agar mempunyai kepribadian, akhlak dan budi pekerti yang baik.
2. Membentuk jiwa setiap anggota agar selalu menjunjung tinggi kejujuran serta memiliki jiwa sportivitas.
3. Membentuk setiap anggota agar memiliki fisik, mental yang kuat dan rasa percaya diri yang tinggi sehingga mempunyai jiwa kompetisi serta berprestasi baik di dalam ilmu agama, akademisi dan olahraga khususnya di karate.
4. Membentuk setiap anggota agar memiliki sikap rendah hati, berperilaku santun dan sopan dalam berbudi bahasa.
5. Membentuk setiap anggota agar senantiasa dapat menguasai diri sari perbuatan yang merugikan diri sendiri.


Misi
1. Memberikan sarana untuk berkembang dan menggali potensi yang di miliki setiap anggota.
2. Menerapkan kedisiplinan diri dalam kehidupan sehari hari.
3. Berperan aktif dalam membimbing anggota agar memiliki karakter diri yang optimis, tidak mudah menyerah, dan berakhlak mulia kepada sesama Makhluk.
4. Menumbuhkan rasa persaudaraan, kekeluargaan dan kerjasama.
5. Menerapkan Panca Dharma Ksatria BKC di kehidupan sehari-hari.
6. Meningkatkan kemampuan anggota dalam beladiri karate.




DOKUMENTASI

 

 







PPDB SMK PROFITA BANDUNG 2023-2024

Pencarian
Kontak
Alamat :

JALAN PAJAGALAN 67(blk) BANDUNG

Telepon :

087777821682 - 022-4241135(Sekolah) .

Email :

smkprofita@yahoo.co.id (Sekolah) , bkprofita@gmail

Website :

https://smkprofitabandung.sch.id

Media Sosial :
Profil SMK Profita