
PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN TEMA SUARA DEMOKRASI DI SMK PROFITA BANDUNG
Ada suasana yang berbeda di SMK Profita
Bandung dari tanggal 19-21 Desember 2022. Dalam rangka penanaman sistem
demokrasi, dengan digelarnya rangkaian kegiatan Pemilihan Ketua OSIS periode
2022/2023. Kegiatan ini dilakukan secara luring di ruang kelas dan lapangan
sekolah.
Kemeriahan
dalam rangka melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan
tema Suara Demokrasi dengan berpedoman pada Permendikbudristek Nomor 56 tentang
Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum
Merdeka).
A. Tujuan Kegiatan
Projek
Suara Demokrasi dengan Sub Tema “Melalui Pemilihan OSIS Kami Belajar
Berdemokrasi” diharapkan peserta didik mampu:
1. Peserta Didik
menyadari adanya perbedaan visi dan misi dalam memilih pemimpin di lingkungan
sekitar.
2. Peserta didik
saling menghargai dan menghormati perbedaan pilihan pemimpin di lingkungan
sekitar.
3. Peserta didk
mampu mempraktekkan kehidupan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari secara
demokratis.
B. Relevansi Tema dan Topik Projek untuk
Sekolah
Tema projek yang kami pilih pada projek
pertama ini adalah Suara Demokrasi dengan topik spesifik projek “Melalui
Pemilihan OSIS Kami Belajar Berdemokrasi”. Relevansi atau hubungan tema dengan
topik projek yang diambil adalah projek ini bisa menghasilkan generasi yang
mampu memahami istilah dan konsep baru dalam bidang demokrasi. Generasi penerus
bangsa yang dalam era mereka bersekolah di SMK ini akan masuk kedalam masa
penentuan kelanjutan sistem pemerintahan. Ketika mereka sadar bahwa suara
mereka memiliki arti menjadi pemilih pemula, mereka akan merasa dengan
memberikan suara mereka, mereka telah mengambil bagian dalam proses demokrasi.
C. Target Peserta Didik
Target
peserta didik adalah seluruh siswa kelas 10 Fase E yang berjumlah 291 siswa.
D. Agenda Kegiatan
1.
Persiapan
awal
Rapat Awal Tim P5. Tema Suara Demokrasi Kelas X/Fase E (14 Desember 2022)
no
|
nama
|
jabatan
|
1
|
Dede
Hasanudin, S.Pd. M.M.Pd.
|
Penanggung
Jawab
|
2
|
Fajar Denia
Nugraha, S.Pd.
|
Koordinator
P5
|
3
|
Ade Iwan
Kurniawan, S.Pd
|
Penanggung
Jawab Pelaksana
|
4
|
Wisnu Adji,
S.Pd.
|
Penanggung
Jawab Pelaksana
|
5
|
Dudi Kurnia,
S.Pd. M.Pd.
|
Koordinator
Fasilitator
|
6
|
Fabia Sarah,
S.S.
|
Fasilitator
X-PM.1
|
7
|
Yunyun
Yunia, S.Pd.
|
Fasilitator
X-PM.2
|
8
|
Yanti
Trisnawati, S.Pd.
|
Fasilitator
X-PM.3
|
9
|
Risa
Nurismara, S,P.D.
|
Fasilitator
X-MPLB.1
|
10
|
Nia Jamilah,
S.Pd.
|
Fasilitator
X-MPLB.2
|
11
|
Sahidin,
S.Pd.
|
Fasilitator
X-MPLB.3
|
12
|
Yulia
Herliani, S.Pd.
|
Fasilitator
X-AKL.2
|
13
|
Elza Citra
Sepilia, S.Pd.
|
Fasilitator
X-AKL.2
|

2. Koordinasi

3. Penyusunan Perangkat Modul (16 Desember 2022)

4. Koordinasi dengan siswa (17 Desember 2022)

5. Tahap 1 (Perkenalan), Tahap 2 (Kontekstual),
Tahap 3 (Eksplorasi) (19 Desember 2022)




6. Tahap 4 (Aksi), Tahap 5 (Tindak Lanjut),
Tahap 6 (Refleksi).

Gambar: Siswa mempresentasikan bilik suara hasil karya kelompok (20
Desember 2022)

Gambar: Siswa mempresentasikan kotak suara hasil karya kelompok (20
Desember 2022)

Gambar: Siswa mendisain surat suara dan poster hasil karya kelompok
(20 Desember 2022)

Gambar: Siswa mempresentasikan poster hasil karya kelompok (20
Desember 2022)

Gambar: Siswa memotong surat suara hasil karya kelompok (20
Desember 2022)

Gambar: Siswa mengantri untuk melaksanakan hak pilih (21 Desember
2022)

Gambar: Siswa duduk menunggu pemanggian oleh panitia pemilihan (21
Desember 2022)

Gambar: Siswa mengambil kertas suara (21 Desember 2022)

Gambar: Siswa melakukan pencoblosan kertas suara (21 Desember 2022)

Gambar: Siswa mengacungkan kertas suara yang telah dicoblos (21
Desember 2022)

Gambar: Siswa memasukan kertas sura ke dalam kotak suara dan mencelupkan ke tinta (21
Desember 2022)