
PELUNCURAN PROGRAM PELATIHAN SOFT SKILLS SISWA SMK PROFITA BANDUNG BERSAMA SAVE THE CHILDREN
Pada tanggal 10
Januari 2023, telah dilaksanakan Peluncuran Program Pelatihan Soft
Skills yang diikuti oleh 110 siswa-siswi SMK Profita Bandung.

Gambar: Peserta Program Pelatihan Soft Skills

Gambar: Peserta Program Pelatihan Soft Skills
Program ini merupakan pengimbasan dari kegiatan Training of Trainers Program Skills To Succeed Global Grant 8: Social Emotional Learning Kesiapan platform Learning Management System untuk SMK dan SMA di Jawa Barat Selasa-Rabu 6-7 Desember 2022 yang dilaksanakan oleh Save the Children.

Gambar: Acara dipandu oleh ibu Dra. Mirawati
Turut hadir dalam kegiatan Peluncuran Program Pelatihan Soft Skills adalah:
NO |
NAMA |
KETERANGAN |
1 |
Fajar Denia Nugraha, S.Pd. |
Bidang Kurikulum/ Koordinator |
2 |
Wisnu Aji, S.Pd. |
Bidang Sarana |
3 |
Dewi Pratiwi, S.Pd. |
Bidang Kesiswaan |
4 |
Redy Firmansyah, S.Pd |
Ketua Kompetensi Keahlian AKL Teknisi |
5 |
Deni Rusliana, S.Pd. |
Ketua Kompetensi Keahlian BDP Teknisi |
6 |
A Rahmat Nirwana, S.Pd. |
Ketua Kompetensi Keahlian OTKP |
7 |
Dudi Kurnia, S.Pd., M.M.Pd. |
Publikasi/Guru Pengampu |
8 |
Dra. Mirawati |
Guru Pengampu |
9 |
Yanti Trisnawati, S.Sn. |
Guru Pengampu |
10 |
Vivi Shapriani Z. S.Pd. |
Guru Pengampu |
11 |
Adelia Vida Paramesti, S.Pd. |
Guru Pengampu |

Gambar: Bapak Fajar Denia Nugraha, S.Pd. menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Peluncuran Program Pelatihan Soft Skills
KESADARAN PENUMBUHAN
SOCIAL EMOTIONAL LEARNING UNTUK KESIAPAN KERJA
Skills To Succeed GG8: Pemimpin Muda Untuk Masa Depan Berkelanjutan

Gambar: Tim Pemateri Ibu Dra. Mirawati, Ibu Adelia Vida Paramesti, S.Pd. ibu Yanti Trisnawati, S.Sn.
Apakah
Pembelajaran Emosi Sosial?
· Social Emotional Learning adalah pembelajaran bagi kamu untuk mengelola emosi dan perilaku mereka sendiri, memiliki empati dan menunjukan perhatian dan untuk orang lain, menyelesaikan masalah secara efekif, membuat keputusan yang bertanggung jawab dan menjaga hubungan yang sehat.
· Peserta didik akan belajar mengenali apa yang terjadi di dalam diri dan menyadari emosi, yang membantu peserta didik menghadapi emosi yang kuat dan perilaku impulsive.
· Hal ini membantu peserta didik berhenti menarik nafas dan memikirkan situasi sebelum bertindak. Peserta didik belajar mengidentifikasi emosi dan perspektif orang lain, yang membantu mereka berempati dan menunjukan belas kasih, tidak peduli siapa mereka atau apa latar belakang mereka.

Peserta didik akan didampingi untuk mengarungi pembelajaran sosial mulai dari tingkat terkecil yaitu kelas, kemudian meluas ke lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, sampai dengan lingkungan masyarakat yang paling luas.
Dalam proses ini peserta didik memerlukan Growth Mindset atau Pola Pikir Bertembuh.

Gambar: Ibu Adelia Vida Paramesti, S.Pd. memaparkan materi
Apakah Growth Mindset (Pola Pikir Bertumbuh)?
Ranah dari Pola Pikir Bertumbuh menyertakan 8 kompetensi berikut:
· Knowledge of Cognitive Malleabilit, kognitif bisa dibentuk
· Selft-Efficacy, keyakinan diri memiliki perilaku “mampu melaksanakan” untuk menghasilkan pencapaian-pencapaian penting
· Perseverance, usaha tanpa henti untuk menggapai sesuatu meskipun sulit, gagal, atau mendapat perlawanan
· Learning Motivation, karakteristik pribadi berupa motif diri yang mengenai persepsi dari suatu keadaan seperti haknya perkembangan dari pengharapan dan insentif dari konsekuensi yang bisa menghasilkan tindakan seseorang pada situasi tertentu
· Strategic Effort, memiliki rencana untuk mencapai suatu hasil
· Openness to Feedback, membuka diri untuk menerima masukan dari pihak lain
· Positive Orientation Toward Others, memberikan penghakiman positif terkait kehidupan pribadi, kehidupan dan masa depan seseorang
· Optimism, kualitas diri yang merasa penuh harapan dan penekanan pada bagian baik dari situasi atau percaya bahwa hal baik akan pasti terjadi
Peta Konsep Social Emotional Learning Untuk Kesiapan Kerja

· Self Awareness à kemampuan untuk mengenali diri secara akurat mengenai emosi, pikiran dan nilai atau value diri.
· Self Management à Kemampuan untuk mengatur emosi, pikiran, perilaku di berbagai situasi
· Social Awareness à kemampuan untuk bisa berempati dengan orang lain dan mengambil perspektif dari berbagai sudut pandang
· Relationship Skill à kemampuan seseorang untuk membangun dan memelihara suatu hubungan yang sehat antar individu dan kelompok
· Responsible Decision Making à kemampuan ini berkaitan dengan pembuatan pilihan konstruktif yang benar dan cara bertindak sesuai etis, norma sosial dan keselamatan

Gambar: Salah satu peserta memaparkan pemahaman akan materi Pelatihan Soft Skills

Gambar: Hadiah diberikan bagi siswa yang aktif dalam sesi pertanyaan